Apa yang menjadi topik saya kali ini adalah sebuah komplain yang ditujukan kepada PT KAI yang seharusnya peduli dengan kebutuhan dan kepentingan penumpangnya. Kalau anda ingin me-forward demi kepentingan bersama silahkan dilakukan.

Saya salah satu pengguna KRD Patas Bandung… biasanya saya melakukan perjalanan dengan KRD Patas hampir setiap hari kerja. Kalau dibilang sudah sangat membutuhkan sekali. Suatu hari saya bermaksud ingin pulang dengan menggunakan KRD Patas… menuju Stasiun Gadobangkong. Ternyata dalam sepekan ini terjadi kembali hal yang hampir sering terjadi. Salah satunya adalah KA mengalami gangguan teknis… sebenarnya saya masih mencoba untuk bersabar tentunya saya juga masih mau menjalankan ibadah shaum dengan baik. Nah, setelah ada pengumuman tentang KA mengalami gangguan saya beranjak untuk segera duduk sementara menunggu KA berangkat. Pada saat masuk jam 15:00 saya menunggu untuk KA yang jam 16:00 dan kebetulan KA sudah mulai dijalankan. Lantas, KRD patas yang saya akan tumpangi ternyata KRD Patas yang jaman dulu. Bisa dibayangkan mengapa KRD Patas tujuan Cicalengka lebih diutamakan dengan Kereta yang lebih bagus ? apa karena penumpangnya yang sangat padat ? Jangan dipikir penumpang tujuan Padalarang tidak sedikit tetapi setengah dari penumpang tujuan yang berlawanan saja itu sudah dikatakan lumayan. Kembali lagi kepada masalah KA. OK, saatnya saya mengambil ancang2 di jalur 4 untuk mengambil kursi saya dan kebetulan tiket sudah saya pegang. Setelah menunggu beberapa waktu lama ternyata kembali lagi bermasalah. KRD Patas tidak dapat dijalankan. Lantas, mengapa KA yang biasanya digunakan ke Padalarang dialihkan ke Cicalengka ?? Padahal kalau dipikir bisalah kita menunggu sampai malam yang penting bisa selamat sampai tujuan. Ini malah cuman dikhususkan ke Cicalengka saja. Gimana gak dongkol coba ????? Akhirnya saya menggunakan moda KRD Ekonomi. Alhasil, hampir ratusan penumpang KRD patas memenuhi gerbong. Saya tidak sempat menukarkan kembali tiket KRD ekonomi karena sudah mau hampir berangkat. Yang paling bikin saya kesal pada saat saya menyodorkan tiket kereta tidak dilihat asal nyomot. ITU mahal tau gak ? apa tuh kondektur oragnya seperti itu didikannya ? pas giliran tiket gak berlaku baru bertingkah tapi pas tiket mahal yang masih utuh gak dibalikin duit saya sisanya.

KA Lama

mengapa KA yang lama masih digunakan saja kalau sudah tahu sering bermasalah. Apakah karena KA ini beli baru atau beli bekas dicat baru ??? Bisa gak sih memange KA ? kalau memang gak punya KRD Patas untuk 2 arah kenapa tidak ditiadakan saja jadwalnya ? apakah hanya karena gara2 Parahyangan kemaren hingga merugi besar ? tapi kalau merasa rugi jangan sampai mengorbankan penumpang dong… kalau misalkan tidak bisa memanage KA lebih baik tidak usah ikut campur alias pensiun saja. Ini bukan permainan bung, tapi ini sebuah dunia nyata transportasi yang paling buruk menurut saya. Apapun alasannya saya tidak peduli… ucapan maaf sudah sekian kali diutarakan tapi masih tetap saja tidak ada perkembangan.

Kemana Rencang Geulis

KRD Patas Rencang seharusnya sudah selalu all ready untuk rute baik Padalarang maupun Cicalengka. Kemana sekarang keberadaannya ? masa sih diganti sama KA lama ? KA lama kalau dipakai lagi sepertinya sudah tidak cocok lagi karena sekarang zaman orang sudah berbeda. Bukan mengikuti tren tetapi mengikuti seberapa tinggi kebutuhan orang2 yang membutuhkan transportasi KRD patas tersebut. Kurang kerjaan ya hanya bisa mengandalkan KA2 yang lama ? lantas buat apa ada lokomotif ? memangnya takut rugi ya kalau KRD patas ditarik sama lokomotif ? memangnya enak ya terlantar sudah 2x jadwal ? Apakah ini menurut anda lucu ? Picik kalau pikiran anda seperti itu.

Kondektur

Anda bertugas melayani bukan cuek gitu aja… kaya gak pernah dididik sama orang tua anda saja. Kerjaannya emang cuman periksa karcis tapi gak liat karcis apa yang dipegang penumpang. Anda kondektur, saya masih inget wajah polos anda yang bisa bikin muntah saya. Anda tidak peduli dengan tiket apa yang saya pegang lebih dari harga tiket Ekonomi. Apa hanya karena gara2 penuh anda tidak sempat mencek ? payah banget anda, gak bisa mengatur penumpang. Gak profesional dan sungguh profesionalisme anda tidak terlihat yang ada saya mual lihat tingkah laku anda.

Kalau dipikir komplain saya tidak didengarkan, berarti anda sudah menyalahgunakan kepentingan umum. Moda transportasi kalian lama2 bakal tidak laku kalau urusannya seperti ini. Ketika nanti ada sesuatu yang lebih baik untuk moda transportasi Cicalengka sudah siapkah untuk gulung tikar ? Saya cuman meminta satu saja kalau memang sudah tidak sanggup untuk mengantisipasi lebih baik tidak usah dilakukan atau lebih baik dibatalkan. Sama halnya seperti KA Parahyangan. Sudah tahu penumpang sepi kok masih saja dipertahankan ? Ini lah anehnya PT KAI kok baru bertingkah ketika sudah diujung tanduk. Kalau pendapat anda “ah, udah biasa yang kaya gitu emang seperti itu kok” sekali lagi saya tidak peduli apapun alasannya. Kalau memang anda profesional, jangan sampai berlaku seenak hati anda. Anda merasa PT KAI mau bangkrut ? Usaha dong! jangan nyari cara untuk ribuan alasan belaka.

Bagaimana PT KAI menyikapi komplain dan kesalahan. Buktikan sejauh mana anda semua yang terlibat PT KAI, bisa berbenah diri. Boleh saya tau apa jawaban PT KAI terhadap komplain ini, komplain dari seorang pengguna yang bisanya cuman komplain setiap kali ada masalah. Saya menunggu konfirmasi anda PT KAI… jangan dipikir saya main2…

Ane ingin menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan misi kedamaian. Sebagai Warga Negara Indonesia ane sebenarnya sangat kecewa berat dengan kedua negara ini yang tentunya saling menghujat dan saling menjatuhkan satu sama lain. Tentunya itu merupakan momen yang paling memalukan SEPANJANG SEJARAH. Melayu dan Indonesisch sangat berkaitan erat. Ada baiknya kita pikirkan lagi apa yang menjadi masalah utama kedua negara ini tidak habis2nya berantem hanya karena masalah sepele dan hanya mementingkan kepentingan diri mereka masing-masing. Merasa gak seperti itu ? coba liat sendiri deh, ada sesuatu yang paling janggal di antara kedua belah pihak tersebut. Apakah itu ? coba kita telusuri bareng-bareng.

Awalnya ane emang gak begitu suka sama malay (sempet ngatain malon apalah) tapi sekarang ane sadar kalau ternyata INDONESIA DAN MALAYSIA SAMA2 SALAH Sumpah capek banget rasanya denger kedua negara yang kelakukan kaya anak kecil berantem mulu saling menghina bukan saling menyokong… eh, apakah ini yang dinamakan negara tetangga ?? ribut mulu kerjaan … :nohope: Inilah calon negara yang akan mengalami kehancuran bangsa yang sesungguhnya … kalau begini terus lama2 dua negara ini gampang diadu domba dan bakal banyak memberikan respons memalukan di mata dunia… Tidak semua orang Malaysia itu menghina dan tidak semua orang Indonesia itu bodoh. Pikirkan baik-baik apa jadinya indonesia sama malaysia perang mulut kaya gini terus ? Malaysia maling ? punya indonesia ? dan apakah indonesia sendiri sadar kalau mereka telah mengacuhkan sebagian kebudayaan turun temurun nenek moyang ? dan masih sempet2nya malaysia dianggap malingshit ? udah begitu malaysia menganggap indonesia itu indon ? gak ada bahasan lain apa selain ejek sana ejek sini maling sana maling sini ?? kalian pikir kalian itu sempurna ya ? Gak maksud SARA, dua negara ini katanya mayoritas Islam tapi kok negara macam aneh kaya gini sih ? udah cukup lah kalian berantem wahai indonesia malaysia… lihat Project E.A.R Indonesia dan Malaysia saling support … banyak negara yang sebenarnya heran dengan malaysia MALING dan tukang KLAIM tapi banyak juga negara yang sebenarnya heran dengan indonesia yang biasanya terkenal ramah tamah pada faktanya ANARKIS dan TUKANG BAJAK. Apa gak beda jauh tuh ya ?

Bermacam masalah dihadapi oleh masing-masing negara terkait bukannya saling menyokong tapi saling mendorong. Ini indon vs malingshit. Enak apa negara kalian dibilang kaya gitu ?? sekarang pikir berapa banyak orang yang masih menganggap sesuatu secara generalisasi. Mungkin saja ada beberapa negara di dunia yang pada nantinya mau memecah belah antara indonesia dan malaysia. Kelakuan kaya gini betul-betul seperti anak kecil. Setidaknya masing-masing negara punya kesadaran pada diri masing-masing bahwa sesungguhnya dibalik kelebihan pasti ada kekurangan dan itupun harus saling melengkapi. Pilihan untuk damai atau tidak jatuh di tangan kalian berdua Indonesia vs Malaysia. Jangan lah saling menghina dan mencaci maki satu sama lain. Bimbinglah dunia ini menjadi tempat yang menaruh segudang perdamaian pasti takkan terjadi hal seperti itu. Semua cerita itu akan berbeda dan terdengar lebih fun dan menyenangkan.

Ane memang orang indonesia mungkin pernah sakit hati dengan penghinaan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dirusak oleh sekelompok negara malaysia tapi ironisnya beberapa WNI masih saja BELUM HAPAL lagu kebangsaan sendiri. Malaysia negara yang maju tapi sayang kenapa kearoganan membutakan segalanya ? jangan kalian pikir kalian itu sempurna. Beberapa macam hal kasus diantaranya membanggakan2 secara extreme chauvinisme… Kalian bangga dengan negara kalian yang begitu hebatnya sampai yang namanya suatu nilai minus dari negara kalian kalau dikritik dikit2 marah dikit2 baling menghina. BULLSHIT! Cuman anak kecil yang suka seperti itu. Kalian mikirnya gimana caranya untuk saling menyokong antar negara. Gak akan ada habisnya kalian berbuat seperti ini terus. Gak ada manfaat yang ada malapetaka. Cobalah untuk saling mengerti antar negara. Coba bayangkan betapa rusaknya kalian. Kedua negara ini lambat laun bakal terkikis namanya sehingga tercoreng dari attitude yang terbaik. Malaysia memang negara maju, Indonesia memang negara berkembang tapi mengapa kalian tidak saling share untuk kemajuan kalian berdua ? Malaysia pun jangan suka maling punya orang … buktikan diri kalian bisa berkarya dan membanggakan negara kalian. Indonesia pun sama jangan suka menuduh maling malaysia karena kalian sendiri saja malas untuk melestarikan hasil karya atau warisan kebudayaan negara. Malaysia kalian jangan terlalu bangga karena bisa membeli produk orang karena sesuatu yang dibeli tidak pantas untuk dipamerkan begitu pula halnya Indonesia jangan terlalu bangga dengan hasil karya kalian selama produk kalian TIDAK DIHARGAI OLEH WN sendiri.

Malaysia dan Indonesia adalah negara yang saling berdekatakan. Kalian bisa mengubah attitude kalian dari yang seperti anak kecil hingga menjadi Dewasa. Kalau malaysia ingin menuntut ilmu ataupun sebaliknya jangan merasa risih dengan kedatangan mereka karena mereka turut membantu untuk meningkatkan kualitas masing-masing negara. Indonesia berusaha mengirimkan TKW dan TKI. Kalau memang tidak bagus bekerjanya langsung laporkan jangan main hakim sendiri. Indonesia sendiri pun harusnya bisa tau diri dengan jasa malaysia tersebut. Banyak orang malaysia yang ingin belajar di Indonesia… jangan munafik karena semua orang butuh ilmu dan jangan pernah menolak sesuatu hanya karena negara itu miskin uang. Belum tentu miskin uang sama dengan miskin ilmu. Masih ada lagi berkaitan erat dengan fashion. Indonesia kalah sopan dengan Malaysia. Malaysia memberlakukan pakaian tertutup pada negaranya terutama wanita. Indonesia ? yang ada krisis moral tapi malaysia pun jangan merasa menang karena ternyata di negara kalian ada tempat prostitusi. Indonesia dan Malaysia kalau sampai kalian masih tetap seperti ini maka kehancuran lambat laun akan mendatangi kalian berdua. Pikirkan baik-baik. Komen yang saling menghina ane hapus.

Sapaan Dulu

Posted: 28 May 2010 in Uncategorized

Untuk para penikmat blog saya mohon maaf untuk sementara masih sibuk dalam masalah dunia nyata😀. Kalau berkenan ada yang dapat memberikan ide atau kritik saran silahkan dikasih tau ke saya … saya sekarang sedang menghadapi masa2 yang dimana waktu perjuangan akan segera dimulai terima kasih sudah menjadi pengikut setia blogger saya😀.

Sebuah pertanyaan yang pernah diutarakan teman terhadap saya. Dia adalah seorang anak sma yang kelihatannya masih penasaran dengan sebuah arti kedewasaan yang sesungguhnya. Entah apa yang menjadi alasan saya menulis tentang hal tersebut yang jelas saya memiliki pendapat sendiri tentang kedewasaan tersebut. Kadang orang berpikiran sempit perihal apa itu dewasa ? Apakah dewasa itu harus 20 tahun ke atas atau kah 9 tahun pun sudah dapat dikatakan dewasa ? Saya ingin sedikit bercerita pengalaman saya yang pernah saya alami berkaitan dengan proses peremajaan hingga mendewasakan diri.

Apakah itu dewasa ? Dewasa dalam arti sempit adalah orang yang sudah bisa berpikir produktif yaitu antara 17 tahun hingga 64 tahun. Dalam arti luas dewasa dapat berarti yang berpengaruh pada ambiguitas. Dewasa dalam arti luas dapat berarti sesuatu yang dilarang untuk anak kecil. Ada lagi yang menyimpulkan bahwa dewasa itu sebuah proses pembentukan jati diri yang tegas, kuat mental dan tahan banting. Bagi saya kedewasaan bukan lah seperti itu. Dewasa adalah tindakan seorang manusia yang terbentuk pada sesuatu yang stabil sehingga proses outputnya lebih tangguh. Maksudnya adalah dewasa itu seperti halnya proses pemikiran yang masih dapat ditangkap secara logis dan masuk akal. Manusia tidak akan pernah dewasa karena pada hakikatnya manusia memang tidak ada yang sempurna. Manusia dapat bersikap dewasa ketika di suatu saat manusia itu sendiri dapat melawan apa yang ada pada dirinya sendiri atau singkatnya melawan nafsunya sendiri. Salah satu yang dapat mencerminkan orang yang dewasa adalah ketika orang tersebut dapat menghindari beberapa hal layaknya emosi yang berlebihan, mengeluh, gampang tersinggung bahkan menjaga mulut. Dari beberapa hal di atas manakah yang tidak pernah sama sekali dilakukan oleh manusia ? tentunya tak ada satupun yang dapat terelakkan sekalipun itu hanya satu jam. Ada saat tertentu orang menganggap bahwa sudah saatnya dirimu bersikap dewasa. Pernyataan ini kurang jelas karena apa yang harus diubah atau didewasakan tidak terdefinisi maksudnya.

Bagaimana cara mendefinisikan bahwa orang tersebut harus dewasa ? tidak perlu seperti itu kita bertanya. Hal utama yang harus kita lakukan pertama kali dalam tindakan apapun adalah berpikir sebelum bertindak. Ini salah satu sikap dewasa. Namun apakah tindakan tersebut akan terjadi secara bergilir ? bisa saja namun cukup sulit karena sugesti yang ada pada diri kita selalu mengalami fluktuasi secara alami. Contoh saja, kadang ketika kita telah mendapatkan sesuatu yang telah diraih pasti ada satu hal dibenak kita untuk berinisiatif memamerkannya pada orang lain. Harapan utama adalah prestise dan untuk diri sendiri adalah prestasi. Hal ini sebenarnya tidak perlu karena hal seperti itu akan muncul dengan sendirinya. Kita tidak perlu memamerkan apa yang telah kita raih namun cukup untuk memperlihatkan saat diminta saja. Terlalu berlebihan dapat menyebabkan tinggi hati sehingga dapat berakibat fatal dalam pergaulan. Untuk membentuk proses kedewasaan pun bisa terbentuk dari aspek lingkungan sosial. Banyak yang bilang bahwa anak SMP adalah anak kecil dan memang seperti itu adanya. Kalau ternyata mereka diharuskan untuk bersosialisasi dengan orang tua berusia 30 tahun yang profesional dan canggih apakah mereka akan terlihat seperti anak kecil ? mungkin secara kelakuan masih dapat dikatakan anak kecil tapi dalam segi pemikiran yang mereka dapatkan secara berkelanjutan itu sangat mempengaruhi pemikiran mereka dan bisa saja anak SMP tersebut bersikap dewasa jauh dari anak lainnya. Lihat saja fenomena yang terjadi di zaman sekarang. Banyak anak yang sudah lulus SMA namun masih berpikir seperti anak kecil bahkan yang sudah berkeluarga sekalipun masih bisa dikatakan berperilaku seperti anak kecil. Percaya ? lihat saja dengan kasus satu keluarga antar saudara kandung yang sedang memperebutkan harta warisan dari peninggalan salah satu orang tua mereka. Mengapa mereka lebih berpikir untuk saling berebut ? Padahal kalau dipikirkan secara logis kita pun tidak akan bisa menikmati itu selamanya karena pada akhirnya akan habis. Harta yang dalam bentuk uang ataupun barang kalau kita tidak bisa mengelola hati kita sama saja berlaku seperti anak kecil yaitu tidak mau mengalah dan pantang menyerah. Sifat anak kecil sekalipun kalau tidak dikelola dengan baik bisa keblablasan. Pantang menyerah mungkin sifat yang bisa dicontoh untuk dalam “segala hal”. Segala hal disini bukan berarti semua yang kita lakukan harus diutarakan dengan sikap anak kecil tapi ada dimana sikap kita harus diimbangi dengan kedewasaan. Nah, proses kedewasaan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik ketika semua nya balance. Jangan berpikir orang yang memiliki sifat kedewasaan yang lebih itu baik karena sifat kedewasaan yang berlebihan bisa menyebabkan orang itu menjadi otoriter dan selalu ingin menguasai orang lain. Kalau itu dapat diimbangi orang tersebut tidak akan berani otoriter karena dalam diri mereka sudah balance. Disiplin pun bisa menjadi sifat dewasa namun jangan salah banyak orang dewasa yang katanya sudah dewasa kok masih saja melanggar aturan seperti dilarang merokok, dilarang parkir, dilarang stop dan lain-lain baik itu secara sadar maupun tidak sadar.

Sikap kedewasaan tersebut ada baiknya tidak diporsir secara berlebihan karena salah satu akibatnya adalah suatu saat akan termakan dengan omongan sendiri. Kita boleh menasehati orang tapi tidak boleh sampai mengekang orang lain. Secara logis, orang tidak akan pernah mau diatur oleh orang lain layaknya budak yang kerjaannya harus menurut perintah majikannya. Kita boleh membantu orang lain namun jangan terlalu berlebihan karena berharap pada manusia biasa hanya ada menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Alasannya ? kembali lagi manusia adalah manusia makhluk yang memiliki kelebihan tetapi juga memiliki kekurangan. Satu hal yang terpenting, kita tidak bisa berharap banyak pada manusia secara terus-menerus. Manusia memiliki keterbatasan. Ketika dokter sudah tidak bisa menolong pasien yang sudah akut, kita jangan ngotot pada dokter bahwa dia tidak bisa menolong. Ketika kita bermain game dan kita kalah, kita jangan ngotot untuk memarahi game tersebut karena game adalah abstraksi yang hanya bisa diam. Ketika kita mau menolong orang lain niatkanlah dulu untuk ikhlas ketika apa yang terjadi nanti tidak menimbulkan kekecewaan karena itu sangat merugikan diri sendiri. Sikap ikhlas dan tulus kalau ditanam sejak kecil secara terus-menerus akan membentuk pribadi yang tangguh namun tidak boleh berlebihan pula karena terlalu berlebihan pun bisa merugikan diri sendiri. Kesimpulan saya adalah kedewasaan dapat timbul ketika kita tau menempatkan apa yang seharusnya, tahu bahwa kita tidak dapat berharap banyak pada orang lain, tulus dalam menjalankan kehidupan ini, tangguh ketika dalam menghadapi cobaan dan rintangan, tidak mengeluh ketika dalam kesulitan, tidak seenaknya berbuat / berpikir dulu sebelum bertindak, selalu berhati-hati dengan apa yang akan terjadi, selalu bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk dan yang paling utama lakukan yang sedang-sedang saja. Sama seperti lagu yang dinyanyikan oleh Vety Verra😛 .

Inspirasi dari War Game

Posted: 12 January 2010 in Uncategorized

Ketika saya habis memainkan sebuah war game yakni permainan yang mengharuskan seluruh pemain untuk perang (terkecuali cheat mode on) saya jadi terinspirasi untuk membuat sebuah tulisan yang menggambarkan betapa ruginya kita harus berperang. Coba kalian bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli senjata, membangun ini dan itu belum lagi kalau kita kalah perang atau ada lagi barak atau pabrik untuk memproduksi alat perang diserang hingga hancur ? mungkin ada baiknya kita tidak berperang karena mungkin itu yang akan jadi pembahasan saya kali ini hehehe… mari kita membahas apa itu game perang atau war game yang sesungguhnya.

Setiap orang berbeda pendapat. Ada yang mengatakan bahwa game sangat membahayakan dan ada pula yang bilang game itu sangat dianjurkan untuk refreshing. Masalah seperti itu mungkin sudah kita temukan sejak beberapa waktu silam bahkan sampai sekarang pun masih banyak yang pro dan kontra tentang hal tersebut. Apakah yang terjadi ketika kita berbeda pendapat ? apakah akan terjadi perang ? mungkin saja namun perang disini tidak harus sampai meledakkan rumah tetangga bahkan memutilasi apa-apa yang terdapat dalam hunian (lebay ah :p). Bagaimana cara orang mengantisipasi perang tersebut mungkin ini salah satunya. Orang akan berpikir bagaimana cara mereka mendapatkan uang dari hasil karya mereka sendiri. Contoh saja adalah game perang. Game perang sangat digandrungi oleh kaum muda terutama kaum pelajar, mahasiswa bahkan karyawan muda yang notabene butuh refreshing. Mengapa diciptakannya game perang sangat menjadi salah satu solusi ? Ini bisa menjadi gambaran yang sangat sinkron terhadap apa yang pernah terjadi pada waktu lalu yaitu perang dunia. Perang Dunia sendiri sesuatu yang paling menjengkelkan bahkan sangat merugikan sebagian umat manusia. Apakah dengan game perang ini kita dapat memikirkan untuk menghentikan peperangan yang sesungguhnya ? Mungkin saja.

Kehebatan otak manusia memang sebuah anugerah yang tidak dapat tertandingkan. Allah memberikan kita modal yang besar untuk memberikan sebuah otak, tangan, dan kaki untuk saling membantu sesama di atas dunia ini. Mereka yang sukses adalah orang yang yakin akan hal itu. Game perang menjadi salah satu nya. Saya sendiri gemar sekali memainkan game perang terutama ketika saya sedang kesal dan gusar. Kalau ingin perang ya lewat game ajalah kan gak ada ruginya apalagi kalau install di komputer sendiri *ting2x*. Menurut saya, game perang ini bisa menjadi salah satu alternatif pemuas diri ketika sedang bertengkar atau sesuatu yang menyebabkan perselisihan. Tanpa harus berpikir panjang, saya bisa ambil kesimpulan dari game perang tersebut. Apakah yang saya tangkap dari hal berikut tentunya dapat menjadi gambaran perang itu seperti apa. Ok, pertama-tama saya mendapatkan gambaran yang paling menonjol perang bisa menyebabkan kematian (kok kaya iklan rokok ya). Memang benar, kalau seandainya kita ingin menghindar dari musuh atau terbunuh tentunya harus menghilangkan nyawa orang supaya mereka tidak dapat menyerang lagi. Simbiosis parasitisme mungkin ini yang salah satunya menempel dalam benak pikiran saya. Kedua, perang bisa menyebabkan stress yang berat. Akibat kalah perang bisa saja seseorang melakukan aksi bunuh diri atau yang biasa oleh jepang dinamakan harakiri. Stress justru bisa hilang ketika kita bermain game perang hanya saja mainnya jangan pake otot juga loh ya ntar malah stress beneran hihihi. Ketiga perang yang bisa menghabiskan dana yang sangat besar. Mengapa ? Untuk berperang diperlukan senjata yang handal biasanya sih satu senjata bisa mencapai puluhan juta rupiah. Senjata pun bisa berakibat fatal kalau kita melakukan kesalahan kecil saja seperti halnya ada bubuk mesiu yang tumpah atau tercecer dan di depannya ada pembangkit listrik tenaga (PLTN). Tidak menyadari kalau ada yang menyalakan rokok dan membuang tepat di tumpahan mesiu yang menuju PLTN tersebut. Serem juga ya kalau itu terjadi makanya hal kecil jangan juga terlalu disepelekan. Keempat perang bisa merusak citra diri bangsa negara. Akibat kalah perang salah satu pihak mengharuskan untuk melakukan sesuatu yang dapat merugikan negara. Apa saja kira-kira ? seperti halnya penjajahan.

Game perang justru bisa membuat kita lebih kreatif dan melatih kita untuk berpikir secara matang. Pertama kita diharuskan untuk memasang strategi yang bisa menguntungkan pihak kita. Bagaimana cara kita untuk memenangkan perang tersebut tanpa harus ada yang terluka (haih, jatuh cinta kalee). Pemikiran ini bisa kita terapkan pada kejadian nyata yang positif seperti halnya bagaimana cara sukses untuk berbisnis (yang pasti bukan dengan cara licik). Kedua, game perang bisa meningkatkan kreatifitas kita, mengatur strategi dan membuat kita sadar akan susahnya cari duit. Ok, satu persatu kita mulai dari kreatifitas. Kreatifitas bisa kita dapatkan ketika di dalam sebuah peperangan kita bisa membuat sesuatu gagasan yang dapat dipakai oleh pemain lainnya. Tentunya itu bisa menjadi gambaran di kehidupan nyata bagaimana kita bisa untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk kepentingan orang banyak😀. Mengatur strategi dan membuat kita sadar akan susahnya cari duit, mungkin kedengarannya sepele tapi bagaimana cara mereka yang bermain cheating mendapatkan uang ? Itu mungkin cara ilegal tapi selalu saja ada orang yang jauh lebih berhasil dengan sesuatu yang legal.

Nah, dari semua yang ada kita bisa simpulkan bahwa tidak selalu yang namanya game perang itu bisa membawa petaka. Tergantung dari pikiran orang masing-masing apakah mereka menanggapinya positif atau negatif. Bagi saya, sebuah game bisa menjadi alternatif untuk membuat seseorang menjadi kreatif, ketika kreatif mereka akan membuat sesuatu, ketika membuat sesuatu mereka pasti memikirkan untuk mempromosikan serta memasarkannya, dan ketika telah sukses memasarkan mereka menghasilkan dan seperti itu lah apa yang terjadi di dunia ini. Tidak ada yang mustahil kan ? mungkin dari sini saya belum bisa menghasilkan namun setidaknya saya sudah menghasilkan karya.😀 Bagus atau tidaknya itu pendapat orang. Apapun masukannya itu adalah sebuah pengalaman.😀 Semoga bermanfaat.

Counting to New Year 2010

Posted: 30 December 2009 in Uncategorized

Tak terasa waktu berjalan dengan cepat dan dalam beberapa waktu lagi kita akan menyambut tahun baru 2010. Mungkin banyak hal yang terjadi di sekitar kita yang sangat menyenangkan bahkan sangat menjengkelkan. Ketika kita memandang langit dan merenung apakah yang selama ini kita lakukan di tahun 2009 ini ? mengapa kita menjadi begini dan begitu ? apakah penting kita untuk mengintrospeksi diri dalam menghadapi ini semua ? Pastinya. Mari sejenak kita bahas apa yang sebaiknya kita lakukan dalam menghadapi era terbaru nanti di 2010 karena banyak peluang baik kecil maupun besar yang menghadang kita di depan dan di setiap peluang itu selalu akan ada aral rintangan yang membentang. Oke kita bahas apa saja yang akan dilakukan orang dalam menghadapi tahun baru nanti mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi bagi kita semua.😀

Sorak sorai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dalam persiapan menyambut tahun baru 2010 yang nanti akan segera tiba di depan mata diwarnai dengan tawa gembira yang luar biasa serta tiupan terompet yang memekikkan telinga menggema ditengah keramaian. Kita ingat bahwa tidak ada perayaan tahun baru yang spektakuler yang dilakukan 4 hari setelah tsunami di aceh waktu silam. Mengingat adanya bencana nasional dan responsibilitas dari setiap oknum, acara tahun baru yang akan segera diselenggarakan terpaksa batal total. Tahun baru merupakan momen yang paling sakral bagi seluruh umat manusia di dunia yang merayakannya. Tahun baru dapat menjadi sebuah simbol kemenangan bagi mereka yang telah sukses dalam selang satu tahun tersebut ataupun menjadi simbol kebangkitan agar ke depan lebih baik dan baik lagi. Seperti halnya sebuah perusahaan, manusia layak untuk mendapatkan yang lebih baik bahkan manusia itu sendiri pun harus bisa mengubah sedikit demi sedikit tindakan dan sikap mereka agar lebih menjadi orang yang bermutu dan berguna. Sebut saja bagi para pelajar yang akan meningkatkan kualitas pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi atau mahasiswa yang akan segera lulus dan mendapatkan pekerjaan yang layak bahkan menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam mencapai karier. Hal lain yang dapat kita lakukan adalah membuat satu target baru yang jauh lebih advance bahkan yang lebih expert sekalipun dengan satu hal harus selalu kerja keras dan tawakal.  Setiap hasil jerih payah yang kita peroleh dapat menjadi satu prestasi yang sangat luar biasa dan yang terpenting dapat berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Apapun target kalian di tahun 2010 nanti merupakan suatu hal yang sangat mungkin terjadi. Mungkin salah satunya ada yang ingin menjadi seorang dokter atau bahkan menjadi pegawai yang pangkatnya dinaikkan. Itu adalah sebagian dari contoh yang ada di sekitar kita. Kalau pun kita yakin pasti akan bisa melakukan ada kemungkinan kita akan selalu jatuh dulu untuk menghadapi pembelajaran hidup. Seiring berjalan waktu, target yang selama ini kita inginkan kian lama akan terlihat di depan mata dan itu merupakan hasil kerja keras. So, apakah kerja keras itu harus sama dengan tahun sebelumnya atau tahun 2010 harus lebih baik dari tahun 2009 ? Jawaban yang paling tepat ya tentu saja harus lebih baik dari tahun kemaren. Itu lah tujuan kita hidup, demi mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik dan itu akan berlangsung secara continue tanpa menghiraukan pemikiran yang terlalu pesimis.  Mungkin kita semua bisa sukses dalam segala hal selama kita masih mau berusaha dan bekerja keras untuk hidup kita bahkan untuk orang tua kita yang telah berjasa dalam membesarkan kita hingga kita menjadi orang yang sukses seperti ini. Saya sebagai manusia biasa yang sama seperti manusia normal lainnya yang memiliki mata, telinga, hidung, mulut, kulit dan otak yang setara dapat berpikir untuk hidup. Mengapa banyak orang yang mengakhiri hidupnya hanya karena masalah duniawi ? Mengapa ada orang yang berpikir bunuh diri itu lebih baik daripada hidup sengsara ? Orang itu lah yang enggan mau introspeksi diri padahal kalau kita tahu bahwa modal yang diberikan oleh Sang Pencipta sudah lebih dari cukup dari kita bayangkan. Apakah itu ? kesehatan jasmani dan rohani. Tidak semua orang bisa bertahan kecuali orang itu dapat menahan diri untuk melakukan hal yang bodoh. Apakah kebodohan itu bisa kita berantas di tahun depan jika kita selama tahun ini banyak melakukan kebodohan ? Jawabannya adalah bisa, bisa dan BISA !!!

Tahun 2010 masih sebuah misteri bagi kita semua. Apakah yang akan terjadi nanti itu belum terlihat sama sekali oleh mata hati kita namun kita masih bisa mengantisipasi kejadian apa nanti yang akan terjadi mulai dari sekarang. Tak perlu basa basi untuk hal tersebut yang terpenting kita bisa melakukan apa yang baik untuk kita dan orang lain begitu pula sebaliknya. Mari kita sambut tahun baru 2010 nanti dengan sukacita yang luar biasa serta bangkitkan semangat lama ditambah semangat baru untuk menyongsong ke depan lebih baik. Semoga di tahun 2010 kita diberikan kesuksesan yang tiada tara dan setidaknya menyisihkan sedikit harta kita untuk orang yang lebih membutuhkan karena dengan sedikit uluran tangan kita sudah mensukseskan satu diantara banyak target yang secara tak sadar kita lakukan. Selamat tahun 2010. Mari lakukan bersama-sama :  semangat lama tingkatkan semangat baru munculkan, sikap pesimis minimalisasikan, kerja keras maksimalkan, rasa malas kurangi, rajin perbanyak. Tahun 2010 sudah hampir  di depan mata namun tahun tersebut bukanlah saatnya untuk berfoya-foya tetapi perbanyak kerja keras. Ingatlah selalu bahwa hidup adalah perjuangan.  Semoga sukses.😀

Nasi kuning vs Bubur Ayam

Posted: 29 December 2009 in Uncategorized

Bu, beli nasi kuningnya dong … hehehe itulah kata yang biasa saya ucapkan ketika datang mengunjungi ibu penjual nasi kuning + bubur ayam. Rasanya cukup mengundang selera bahkan membuat lidah bergoyang. apalagi ya ? sepertinya memang cukup diminati para anak kosan dan harganya pun terjangkau alias tidak membuat kantong bolong. Seperti apa sih nasi kuning ini ? Mari kita bedah bersama-sama.

Nasi kuning, siapa sih yang tidak mengenal makanan khas indonesia ini ? Mungkin semua orang sudah tahu bahwa ketika orang bilang nasi kuning orang pasti memikirkan ingin makan, nasi yang berwarna kuning, nasi yang pulen atau apalah yang terekam dalam benak orang itu masing-masing. Wah, kayanya tidak lupa juga untuk memikirkan lauknya seperti potongan / irisan ayam goreng atau telur dadar yang dipotong sisir bahkan tidak lupa menggunakan tempe disalut dengan gula merah. Hmm, sudah terasa enaknya seperti apa ? rasanya memang yahud dan sempurna bagi saya😀. Belum lengkap dengan telur dadar dan tempe, nasi kuning ini dicampur lagi dengan bihun yang digoreng dengan sedikit minyak. Wow, rasanya pun menggoda selera apalagi kalau makannya pakai kerupuk wuih rasakan sendiri deh. Setiap kali melihat nasi kuning, rasanya ingin tambah lagi tambah lagi lagi dan lagi. Merasakan nasi kuning buatan ibu X (belum tau namanya) hampir setiap hari dan kadang saya juga sering membelinya untuk bekal di siang hari. Untuk menjangkau tempat tersebut dari notabene rumah kedua saya :p hanya membutuhkan kurang dari 1 menit saja. Itupun tidak perlu repot-repot menggunakan kendaraan motor ataupun mobil😀 sepeda sekalipun sepertinya tidak perlu kecuali kalau memang sudah P4K (pertolongan pertama pada perut keroncongan) hahaha… baru terserah anda.

Untuk menu yang kedua, ibu ini menjual bubur ayam. Bubur ayam saya sempat mencobanya sekali. Mungkin karena memang sudah terbiasa dengan nasi kuning, saya sih jadi agak jarang makan bubur ayam. Bahan dasarnya ya sudah pasti bubur nasi plus kaldu ayam dilengkapi dengan daging ayam, irisan telur, irisan cakue dan kacang kedelai secukupnya. Nyam 3x ternyata tidak kalah hebat dengan bubur buatan saya sendiri ya *digebukin satu kampung*. Oh ya, satu hal yang paling membuat kedua makanan ini berbeda dari yang lain ya salah satunya tanpa menggunakan msg. Rasa bubur dan nasi memang tidak gurih tapi bagi lidah saya sih secara garis besar sudah menjadi kodrat alam (apa sih). Maksudnya setiap suapan baik itu bubur ayam maupun nasi kuning yang saya makan, saya merasa cocok dengan cita rasanya karena bebas dari msg. MERDEKA !! Kadang kalau dipikir baik untuk kesehatan dan terhindar dari syndrome restaurant china (sok inglish). Menu bubur ayam sangat baik dan aman untuk dikonsumsi. Makanan ini menjadi kegemaran para anak2 sekitar kompleks dan tampaknya bisa menjadi salah satu jajanan sehat buat saya sendiri. Biasanya kalau yang saya beli mengandung hal yang negatif alias memasukkan sesuatu yang aneh sekarang saya merasa bebas tanpa ada beban untuk mengkonsumsinya. Ah, tampaknya jadi ngiler untuk nasi kuning berikutnya dan berikutnya dan lagi dan terus sampai kayanya tidak pernah terhitung lah.

Harga yang ditawarkan cukup murah dan sangat terjangkau bagi anak2 yang notabene bokek is mode on. Harga berkisar antara dua ribu rupiah sampai dengan lima ribu rupiah. Bagaimana tidak murah kalau ternyata banyak pelanggan yang datang. Bahkan kalau telat beberapa jam saja saya pasti akan kehabisan nasi kuning atau bubur ayam. Wah, kalau masalah beli membeli nasi kuning atau bubur ayam ya, seperti nya saya harus tahu kapan saya harus take off dari kosan (kaya pesawat aja). Nah, lebih penting lagi kapan uang yang harus saya sisihkan untuk sarapan nanti pagi siang dan malam bahkan kalau perlu MAKAN SEBELUM TIDUR (manja amat) dan yang terpenting seberapa sehat kah saya bisa menjangkau untuk pergi ke tempat jualan nasi kuning atau bubur ayam ini karena kalau sakit dan tidak bisa bangun, siapa yang mau beliin coba ? hehehe… (sekali lagi manja amat). Menanggapi semua fakta yang ada (hayyah), tampaknya sudah menjadi suatu kewajaran bagi ibu tersebut mendapatkan apa yang telah ibu raih selama ini dalam menjual dengan kejujuran dan keramahan yang dimiliki. Saya sangat salut dengan pelayanan seorang ibu penjual nasi kuning dan bubur ayam ini karena kalau ada masalah sedikit dalam meracik makanan selalu ada alternatif dan jalan yang bijak untuk ditempuh. Semoga ibu penjual ini semakin maju dan ada satu hal yang dapat membangkitkan dagangan ibu ini supaya lebih laris dan lebih banyak.

Paradigma Facebook

Posted: 10 December 2009 in Uncategorized

Wah, tampak terasa rindu oleh sorotan blog ini kembali. Sudah lama tidak mengupdate blog namun kadangkala malas untuk membuka. Kali ini sudah mendapatkan kembali ide untuk menulis blog. Sekiranya ini tidak jauh dari apa yang terjadi dari kehidupan aku secara pribadi. Banyak orang yang mengalami kejadian hal yang sama bahkan ada yang lebih parah dari itu. Tidak lain halnya sebuah situs blog , situs jejaring sosial yang satu ini pun bisa menjadi sebuah ajang untuk memancing pertengkaran, persahabatan, peperangan bahkan jodoh dan bisnis sekalipun terangkum di dalam satu wadah. Apakah nama situs yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini ? Tidak lain adalah Facebook.

Siapa sih yang tidak kenal dengan facebook ? Mulai dari anak-anak yang masih sekolah hingga orang-orang yang sudah lansia pun pasti memiliki account ini… coba bayangkan berapa banyak pengguna facebook ? mungkin ratusan ribu bahkan jutaan ? tapi tidak semua hal yang ada di facebook menjadi sebuah momen-momen terbaik dalam hidup seseorang melainkan banyak pula yang menjadi malapetaka dan kejadian buruk. Sebut saja status, status merupakan satu wadah dimana semua orang yang menjadi friend atau seseorang yang diperbolehkan untuk memperlihatkan status orang lain. Sama halnya seperti lidah itu berkata sangat tajam status pun bisa menjadi sebuah bom atom yang sangat berbahaya. Seperti halnya orang yang sedang kesal dengan seseorang. Begitu orangnya tahu akan status yang membuat orang itu tersinggung maka akhirnya terjadilah perang mulut yang dapat berbuntut pada taruhan nyawa. Masa sih ? banyak kok kejadian seperti disini. Kasus-kasus yang pernah saya tahu sebelumnya juga yaitu pencemaran nama baik via facebook, putus cinta di facebook, jadian di facebook, kencan di facebook, status palsu berakhir pembunuhan, status ancaman bom, tsunami, bencana alam lainnya bahkan tauran antar siswa SMA yang kerap kali terjadi bisa berawal pada facebook. Bagi saya, facebook itu seperti pembuat masalah dan kadang sangat sedikit keuntungan yang kita dapat ketika memiliki akun facebook (tergantung cara pandang seseorang sih) karena setiap orang berbeda pendapat. Tradisi facebook ini menjadi suatu fenomal dan menjadi sebuah paradigma hebat sepanjang masa di dunia maya. Setelah friendster tersingkir begitu saja, facebook menggeser posisi friendster ini menjadi yang teratas. Worth dari facebook pun bisa mencapai jutaan dollar. Ada yang berminat untuk membelinya :p ?

Terlalu banyak orang yang fanatik dengan facebook dengan mudahnya berkata, “Siapa saja yang memiliki facebook adalah orang-orang gaul. Kalau tidak memiliki facebook bukan orang gaul namanya”. Berdasarkan statement seperti saya putuskan untuk mengatakan satu kata yaitu ‘konyol’. Justru bagi saya sebuah facebook itu kalaupun tidak punya ya tidak masalah daripada nantinya hanya akan membuat sebuah masalah saja. Betul kan ? kadang pemikiran orang itu sulit untuk diubah kalau seandainya statement itu tidak masuk akal. Hingga saat sini paradigma facebook menjadi sebuah sosok yang sangat menyenangkan bahkan ada yang menjadi sangat menakutkan. Orang yang pandai membuat situs jejaring social seperti ini adalah orang yang luar biasa dalam hal memberikan inspirasi untuk calon orang sukses lainnya. Facebook dapat menjadi salah satu sorotan publik yang ingin mencari pasangan hidup. Mungkin dengan add dan sedikit berkenalan kemudian melakukan pertemuan secara face2face dan pada akhirnya memutuskan untuk melanjutkan atau putus. Hal unik lainnya seorang penggemar kucing pun membuat lapak untuk komunitas penggemar kucing dan tidak kalah banyak juga orang yang mau bergabung dalam komunitas tersebut. Inilah julukan-julukan Facebook yang pernah saya ketahui sebelumnya dan orang lain lah yang memberikan julukan sebagai berikut :

– Facebook is the biggest social network of the world

– Facebook is the coolest social network site

– Facebook = your virtual world inside your computer

– Facebook the catasthrope network

– Facebook the shinigami of virtual into real world

– Facebook the great friendstorium of virtual sign

– Facebook the massive one on legal site

– Facebook is my life

– Facebook has defeat you

dan masih banyak julukan-julukan lain.

Pamor hewan anjing di zaman sekarang kayanya heboh banget dalam percakapan sehari-hari. Parahnya omongan seperti itu banyak terdapat di lingkungan sekolah seperti SD, SMP dan SMA. Apakah semua orang berpendapat ‘anjing’ dapat mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau bahkan menolong kita dari segala kesulitan ? Hampir kata anjing diutarakan ketika kagum, marah, sedih bahkan ingin memprotes sesuatu. Tidak kah ada salah satu hal yang kita tidak sadari ketika orang berbicara anjing pada temannya. Temannya itu malah senang dikatain anjing. Kok heran ya, mau aja dibilang anjing padahal biasanya orang gak mau disamakan dengan binatang. Inilah salah satu hal yang sangat disayangkan dalam masalah pergaulan, menjadikan tradisi berbicara sumpah serapah sebagai percakapan sehari-hari. Apakah mereka sadar bahwa mereka itu sudah terperdaya dengan sesuatu yang seharusnya bukan pada tempatnya ?

Mengingat sumpah serapah itu sangat berbahaya, bagaimana cara kita untuk menghindari itu semua atau yang sudah menjadi kebiasaan buruk kita yang sulit untuk dihilangkan. Setiap ucapan sumpah serapah yang dikeluarkan dari mulut seseorang dapat berefek pada pribadi yang bodoh. Contoh sederhana saja adalah mengucapkan kata ‘anjing’ atau plesetan dari itu yang intinya pun sama saja. Ketimbang mengucapkan kata Tuhan, kok kata ‘anjing’ lebih banyak diucapkan ?? Apakah kali ini manusia lebih banyak menyembah ‘anjing’ ketimbang Tuhan ? Secara mudah orang menganggap “ah, biasa aja kali itu udah jadi kebiasaan”. Kesalahan terbesar yang pernah dilakukan orang adalah ketika ucapan seseorang berbicara sumpah serapah yang membuat orang menjadi tersinggung bahkan marah besar tapi ternyata adapun orang yang hanya menganggap itu biasa-biasa saja (mungkin mereka berpikir anjing menggonggong kafilah berlalu). Orang yang tersinggung dengan ucapan sumpah serapah tersebut adalah orang yang anti terhadap sumpah serapah. Tidak selalu orang seperti itu baik, mungkin saja ada sisi gelap yang tadinya tidak pernah diketahui oleh orang lain. Untuk pendapat yang biasa-biasa saja, bisa jadi orang ini menganggap ini hanyalah omdo yang tidak berguna sama sekali. Kalau kita pikir memang benar sumpah serapah itu adalah ucapan yang seharusnya tidak pernah diutarakan dan diucapkan tetapi menjadi sebuah indikator saja bahwa sumpah serapah itu sangat jelek dan mungkin berdosa jika kita melakukannya apalagi secara tidak sadar orang mengucapkan itu ratusan bahkan jutaan kali seumur hidup. Inilah salah satu kelemahan manusia, salah satunya tidak pernah mau menyadari apa yang telah dia lakukan itu salah. Memang sih manusia pasti akan ada kekurangannya. Ada satu hal yang harus diperhatikan dari statement tersebut, bukan berarti manusia dengan sengaja harus melakukan perbuatan buruk seperti halnya mengucapkan sumpah serapah secara terus-terusan.

Bagi aku pribadi, orang yang senang mengucapkan sumpah serapah tanpa menyadari bahwa perbuatan itu salah adalah binatang. Jelas sekali seperti itu lah paradigma dunia yang kejam. Perjuangan yang harus ditempuh sangat berliku dengan risiko kita akan terperosok dan tergoda dengan apa yang telah dunia berikan. Ingat, hidup ini hanya sementara dan tidak akan ada kehidupan kedua di dunia. Dalam ajaran agama apapun, ucapan sumpah serapah itu sangat berdosa. Tapi masih saja diulang dan diulang tanpa disadari bahkan menyebut nama Tuhan dilanjutkan dengan ucapan sumpah serapah. Bukannya itu sudah gila ? seolah-olah kata ‘anjing’ satu derajat dengan Tuhan. Tidakkah kalian melupakan Tuhan yang menciptakan alam semesta sementara kalian berfoya-foya seenak jidat dan tidak peduli akan ada keberadaan Tuhan ? Sampai yang berceloteh, “hari gini percaya sama Tuhan ? udah gak zaman kali”. Itu lah manusia mulai berulah ketika sudah diberikan kenikmatan tapi lupa dengan apa yang harus mereka lakukan yaitu mensyukuri. Lagi-lagi kata sumpah serapah yang keluar. Bukan berarti menghardik melainkan kapan sumpah serapah itu hilang dari lubuk hati yang paling dalam untuk selamanya ? Allah sangat tidak suka dengan orang yang seperti itu, mereka menganggap ‘anjing adalah Tuhan’ dan Allah bukan Tuhan. GILA !! Sebelum maut menjemput, persiapan apa yang kalian lakukan untuk itu ? Sementara kalian sendiri lupa kalau kalian berkali-kali mengucapkan sumpah serapah. Jadi mulai dari sekarang marilah kita bersama-sama introspeksi diri mengapa kita menjadi tidak sadar kalau sumpah serapah itu salah besar dan sudah berulang kali dilakukan. Selalu waspada bahwa mulutmu harimaumu. Setiap saat mulut itu mengeluarkan kata-kata sumpah serapah dan berujung pada sebuah bencana yang tidak pernah kita duga. Maka dari sekarang mulailah menjaga mulut kita masing-masing. Semoga bermanfaat.

Patas oh Patas

Posted: 27 October 2009 in Uncategorized

Dunia perkeretaapian regional jawa barat kembali lagi tercoreng namanya dimata masyarakat. Saya adalah salah satu pengguna kereta api patas sangat miris ketika melihat kereta yang memiliki fasilitas bagus dan terjamin kebersihan dan kerapihannya harus berhenti mogok di stasiun lokal gadobangkong. Apa yang sebenarnya terjadi dengan kereta tersebut ? mereka mengatakan bahwa rem yang menempel pada roda kereta tidak dapat lepas alias macet. Kemungkinan yang terjadi kereta ini akan mengalami penurunan kepercayaan dari para pengguna kereta tersebut. Coba anda bayangkan kereta patas ini sudah beberapa kali mengalami hal yang sama. Akibat yang ditimbulkan antara lain terganggunya waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api Rute Jakarta – Bandung, Padalarang – Cicalengka, dan rute-rute lainnya yang dilintasi stasiun terkait.

Saya sempat bertanya pada salah seorang penumpang krd ekonomi padalarang – cicalengka bahwa kereta patas ini sering mengalami mogok. Sudah beberapa hari ini pamor kereta patas yang katanya ideal dengan kenyamanan dan kerapihan semakin menurun. Lihat saja penumpang yang terdapat dalam kereta tersebut. Paling hanya sekitar 20 – 30 penumpang berbeda dengan KRD ekonomi yang selalu membludak dan akan terus berjaya dengan jumlah penumpangnya cukup banyak. KRD ekonomi dulunya sempat menggunakan mesin yang sama seperti kereta patas yang sekarang ini (kalau tidak salah masih digunakan untuk rute bandung – cicalengka). Mungkin bagi saya lebih aman menggunakan kereta yang diderek oleh satu lokomotif yang nantinya apabila lokomotif itu bermasalah masih dapat digantikan oleh lokomotif lainnya. Disinilah keuntungan dan kerugian dari kereta tersebut yang saat ini sudah saya alami beberapa kali. Kalau memang kereta baru mengapa selalu ada masalah dengan kondisi fisik kereta api tersebut ? apa betul kereta ini benar-benar dapat memberikan kenyamanan yang sesuai dengan tarif yang berlaku ? mahal memang dan cepat sampainya. Beda KRD ekonomi dengan patas dari arah Padalarang menuju Bandung sekitar 12 menit. Hanya saja patas tidak melewati stasiun ciroyom melainkan langsung masuk ke stasiun bandung.

Mungkin ini menjadi suatu pengalaman dan pengetahuan yang berharga. Kereta api lokal seperti ini jangan terlalu dianggap remeh keberadaannya melainkan kita ada sedikit berterima kasih karena memang dengan adanya kereta api ini orang yang ingin pergi baik sekolah, kuliah, maupun kantoran dapat menjadi solusi untuk mengefektifkan waktu mereka. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk sampai di stasiun tujuan dan jelas itu sangat mutualisme sekali. Namun satu hal yang harus diperhatikan oleh pihak PT Kereta Api sendiri yaitu utamakan keselamatan, kenyaman, dan ketepatan waktu para penumpang. Mereka pun butuh waktu yang cukup banyak untuk tiba ditujuan apalagi yang jaraknya jauh dari kota besar. Banyak alasan yang tidak masuk akal yang sering saya dengar dan itu kadang membuat saya kesal dengan tindakan mereka. Mengapa tidak dilakukan inspeksi atau pengecekan ulang ? Padahal kalau itu  dilakukan mereka dengan telaten dan gak asal sebut ok saja itupun sudah menjadi nilai positif bagi perusahaan ini. Ini bukan hujatan dan bukan sindiran.  Saya ingin PT Kereta Api dapat lebih tegas dalam menyelenggarakan fasilitas transportasi yang sangat bermanfaat untuk hajat orang banyak. Bukan hanya anda sekalian saja yang membutuhkan waktu untuk bekerja namun kami pun sangat terbantu dengan anda sudah mau mendengar apa keluhan kami. Saya sangat berharap kejadian seperti di atas dapat diminimalisasi lagi. Periksa kembali keseluruhan kondisi fisik kereta api, baik itu rem, lokomotif, gerbong, maupun rel kereta yang sekarang ini marak dipreteli murnya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin membuat masalah saja. Semoga bermanfaat.